Hit enter to search or ESC to close

Dekat Marina Bay Sands, Ini Bangunan Super Ikonik di Singapura

Published 16 September 2017 09:23 by Dwi Ariyani

KapanLagiKeSingapura.com - Bagi sebagian besar orang Indonesia, nama Marina Bay Sands mungkin tak asing lagi. Bahkan, jika ada postingan foto berlatar tiga buah gedung dengan bangunan mirip kapal di atasnya ini, seakan bisa menebak dengan mudah lokasinya. Tak lain dan tak bukan Singapura.

Negara kota tersebut memang terkenal dengan banyak bangunan berarsitektur unik. Nah, selain Marina Bay Sands sendiri, berikut beberapa bangunan ikonik yang ada di sekitarnya.

Esplanade

IG @esplanadesingapore

Berlokasi di seberang Merlion Park, Esplanade merupakan salah satu tempat pertunjukan dan galeri seni di Singapura. Bangunannya cukup ikonik, lantaran memiliki atap serupa durian. Setiap wisatawan bebas berfoto dan menikmati pertunjukan senidan musik secara gratis di sini. Lokasinya juga mudah dijangkau dengan MRT dan berjalan kaki dari City Hall melewati underpass yang menghubungkan beberapa mal, seperti Marina Square.

Merlion Park

© 2017 VisitSingapore.com

Nama Merlion diambil dari gabungan dua kata mermaid dan lion. Sebelum ada Marina Bay Sands, Merlion Park ini menjadi buruan berfoto wisatawan. Merlion Park bahkan dianggap sebagai ikon Singapura, wajar jika pas ke sini wajib berfoto di dekatnya. Lokasinya juga gampang dituju menggunakan MRT dan berjalan kaki dari Raffles Place menuju Fullerton Hotel.

Gardens by The Bay

© 2017 GardensbyTheBay.com.sg

Berada di belakang Marina Bay Sands, Gardens by The Bay merupakan taman ikonik berisikan banyak tanaman langka di Singapura. Di malam hari Gardens by The Bay memancarkan lampu yang menawan. Tempat ini dapat dituju menggunakan MRT jalur kuning dan turun di stasiun Bayfront.

Art Science Museum

© 2017 marinabaysands.com

Masih di sekitar Marina Bay Sands, kamu juga bisa mendatangi Art Science Museum. Bangunannya menyerupai bunga teratai yang bisa menampung air hujan. Kemudian, air hujan tersebut diubah menjadi sumber air bersih. Selain 21 galeri dari berbagai negara, Art Science Museum memiliki 3 ruang pameran tetap. Tempat ini dapat dikunjungi via MRT yang turun di stasiun MRT Promenade dan Marina Bay.

Singapore Flyer

© 2017 VisitSingapore.com

Jika ingin melihat keindahan Singapura dari ketinggian, cobalah naik ke Singapore Flyer. Salah satu bianglala terbesar di dunia ini memili 28 kapsul berukuran 4x7 meter yang mampu menampung 28 orang. Sekali putaran, flyer ini memerlukan waktu 30 menit. Untuk menuju ke sini, kamu bisa naik MRT menuju stasiun Promenade.

Helix Bridge

© 2017 KapanLagiKeSingapura.com

Jembatan ini cukup ikonik, karena menyerupai sebuah rantai DNA. Akan semakin menarik saat malam hari. Uniknya lagi jembatan ini khusus pejalan kaki lho. Jadi, tak perlu khawatir tertabrak kendaraan. Untuk jalan ke jembatan sepanjang 280 meter ini gratis selama 24 jam. Lokasinya dapat ditempuh menggunakan MRT menuju stasiun Promenade atau Marina Bay.

Selain dengan mengunjungi tempat-tempat ikonik tersebut, kamu juga bisa menikmati keindahan Marina Bay Sands dengan cara berbeda. Salah satunya lewat Standard Chartered Marathon Singapore (SCMS) yang akan digelar pada 2-3 Desember 2017. Event marathon bergengsi ini dikenal dengan nama baru setelah 10 tahun berjalan bergabung dengan perlombaan marathon terbesar di dunia, Abbott World Marathon Majors (WMM). Sejak tahun 2002, event tahunan SCSM telah menjadi jembatan antara banyak pihak, mulai dari teman, keluarga, sesama pekerja dalam sebuah komunitas lari.

Ada yang istimewa tahun ini. Beberapa kategori telah disiapkan untuk bisa diikuti lebih banyak peserta lagi. Untuk pelari professional ada kelas Marathon dan kelas Ekiden Relay (42,195km), Half Marathon (21,1km), jarak 10km, juga Kids Dash 600m. Juara 1 dari Maraton SCMS ini akan mendapatkan 50 ribu dolar Singapura, WOW!

Menariknya lagi rutenya akan melewati kawasan ikonik di sekitar Marina Bay Sands Singapura. Jadi, sambil berlari mengejar hadiah maratonnya, kamu pun juga bisa menikmati pemandangan indah di sana. Sudah daftarkan dirimu di Standard Chartered Marathon Singapore?

"Singapura adalah destinasi di mana kamu dapat mewujudkan impian. Kini saatnya untuk tak sekadar berjalan-jalan, dan jadilah Para Penjelajah."